The 'NEKAD' Traveler

Dari judul postingan ini pasti kalian sudah bisa menebak kalo gw bukan penulis buku The Naked Traveler yang terkenal itu... ahahaha *ngarep mode on
Cerita nekad ini dimulai saat gw mulai merasa gundah gulana karena adanya rumor Obama bakalan maen ke kosan gw... [maap,,,gw lagi mabok pisang goreng -_-"] bukan..bukan itu.. jadi berhubung liburan semester ganjil yang akan segera berakhir hanya dalam hitungan jari,, sebisa mungkin waktu langka ini harus bisa gw manfaatkan sebaik-baiknya. Khayalan di otak gw yang super imajinatif ini membayangkan tempat-tempat eksotis di sekitaran Jogja yang asik buat hunting foto. Sempet muncul ide nekat untuk bersepeda ke candi Prambanan atau candi Ratu Boko. Tapi, karena ngebayangin betis gw yang bakal be'konde' tiga gara-gara ngayuh sepeda menghempaskan bayangan gw foto-foto di Prambanan.

Setelah melewati perdebatan panjang antara Doraemon dan Nobita tentang sejarah dorayaki, gw memutuskan bakal mengadakan perjalanan 'nekad' gw ke candi Borobudur....[perasaan ga nyambung dah??] Langkah awal memulai perjalanan ini adalah Searching alat transportasi apa yang bisa bawa gw nyampe ke candi Borobudur. Salah satu temen kuliah gw yang asli Jogja jadi korban. Bolak-balik gw sms dia cuma nanya bus apa yang bisa sampe Borobudur? kira-kira ongkos berapa? fee masuk candi Borobudur berapa? Tapi karena gw mendapat jawaban yang kurang memuaskan, ujung-ujungnya gw menggunakan bantuan yang ditawarkan oleh mbah Google. Gw mendapatkan satu blog milik seseorang yang pernah melakukan perjalanan ke Borobudur. Penjelasannya rinci banget. Sampe harga minuman ringan aja dicantumin ma dia.

Pas hari H, gw bangun jam 05.00. Setelah melakukan segala persiapan, gw berangkat jam 07.15 dengan mengayuh sepeda gw. Sampe Kopma, sepeda gw parkir di salahsatu sudut Kopma. Untuk sampai ke Borobudur gw kudu naik bus dari terminal Jombor, dan biar bisa sampe Jombor gw naik Trans Jogja dari halte Kopma jalur 3B transit di Condong Catur lanjut jalur 2A. Biaya Trans Jogja Rp 3.000,-.
Sampe di Jombor kira-kira jam 08.12 dan di sana gw bertemu dengan dua cewek Spanyol yang pengen ke Borobudur juga. Gw sempat ngobrol-ngobrol sebentar sama mereka. Tapi akibat bahasa Inggris kita yang pas-pasan, obrolan sempet roaming gara-gara masing-masing dari kita ga ngerti apa yang lagi diomongin. Ongkos dari Jombor ke terminal Borobudur Rp 10.000,-.

Sampe di terminal Borobudur ternyata kita kudu lanjut perjalanan lagi biar nyampe di Candi Borobudurnya. Bisa jalan kaki, naik becak atau naik andong. Kalo ga mau cape, naik becak atau andong dengan tarif Rp 5.000,- mungkin bisa jadi pilihan. Tapi bagi orang yang suka olahraga, jalan kaki juga oke. Bersama teman baru gw dari Spanyol ini, kita naik andong sampe depan gerbang Borobudur. Dengan kesotoyan tingkat tinggi, gw ajak itu turis ke loket pembelian tiket masuk. Dan olala~~ ternyata tempat beli tiket wisatawan domestik sama wisatawan asing itu berbeda. Terpaksa mereka berdua digiring sama penjaga ke loket yang sebenarnya. Tiket masuk candi Borobudur gw tebus seharga Rp 17.500,-. Akibat kehilangan teman jalan, insting foto gw langsung keluar. Objek apapun yang gw liat langsung aja gw foto. Memory card 4GB jangan disia-siakan coy!!

Sinar matahari panasnya udah kaya oven. Gw goreng telor di batu candi Borobudur mateng kali ya?? haha..  Sayangnya, saat-saat gw hunting foto terganggu oleh segerombolan keluarga 'super' besar yang juga lagi bertandang ke Borobudur. Kesempatan gw untuk ngobrol-ngobrol sama turis asing juga terganggu sama segerombolan anak-anak dari tempat les bahasa Inggris yang lagi study tour. Akhirnya kesempatan gw berinteraksi dengan turis asing cuma pas gw minta tolong fotoin gw dengan latar candi Borobudur. Arigatou buat mas-mas dari Jepang yang udah mau fotoin saya.

Sudah puas foto-foto dan berjemur di bawah puanasnya sinar mentari, gw memutuskan untuk menyudahi kunjungan 'nekad' ini. Di tengah jalan, gw liat langit udah mulai mendung. Kaya'nya mau ujan nih. Keluar dari gerbang masuk candi Borobudur, gw memutuskan untuk berjalan kaki ke terminal Borobudur. Selain hemat ongkos, di tengah jalan gw nemu ibu yang jualan es dawet. Beuuuuh,,, abis panas-panasan minumnya es dawet, seger dah. Pulang ke terminal Jombor naik bus yang sama, Catur Tunggal. Ongkosnya juga sama. Di tengah jalan, akhirnya hujan turun. Entah kenapa gw selalu merasa tidur di kendaraan yang sedang bergerak itu enak banget, tapi efeknya badan pada sakit.
Dari Jombor, langsung lanjut Trans Jogja ke halte Kopma naik jalur 2B terus transit di Condong Catur lanjut jalur 3A. Sampe Kopma gw bahagia melihat sepeda gw masih terparkir gagah diantara motor-motor di sekitarnya. Keringat yang keluar akibat efek ngayuh sepeda langsung disambut angin dingin, bikin gw kangen sama kasur di kosan. Kalo diitung-itung, buat perjalanan hari ini gw mengeluarkan biaya Rp 45.000,-.

Perjalanan nekad yang gw lakukan hari ini seru juga. Tapi kalo di tambahin temen-temen pastinya lebih seru lagi deh..hehehe... Jalan-jalan ke candi atau situs budaya lainnya pasti lebih seru. Sepertinya Angkor Wat sudah menunggu untuk segera dikunjungi.......ahahaha XD


Yogyakarta, 13 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar